Tukeran Kado Ulang Tahun

Late posting, kejadiannya udah lewat sebulan sih : )

Ini sebenarnya iseng aja, mengingat saya dan suami adalah dua makhluk simpel yang sepakat bahwa ide "saling memberi kado" bukanlah something seru.
Maka entah kenapa pada suatu siang melelahkan di kantor, saya bbm beliau.... iseng..
"Ayah, hayuk kita tukeran kado pas ultah ya.."
(ultah kami deketan tanggalnya)
"Hmmmm.."
"Artinya mau atau nggak mau?"
kali ini replynya rada lama....
"Belum kepikiran sih.."
"Kepikiran apanya.."
"Ya kepikiran mo ngasih apanya.."

Sampai disini saya nyadar sesadar-sadarnya bahwa beliau telah memberikan segala sesuatu yang saya perlukan dan berjuang memenuhi semua impian saya..
Bahkan saya mengerti banget kalo perjuangan suami untuk menjaga keluarga agar selalu riang gembira, itulah kado sesungguhnya.

Tapi dasar niat iseng bertahan lama ga mau pergi, saya mengusik lagi
(hih.. ini bener-bener estri kekeuh sumekeuh gak jelas yaa.. *cepet-cepet tutupin wajah pake tampah*)
"Ayah...?"
Hening tanpa balasan beberapa saat....
tik tok.. tik tok...
"Hmm..boleh deh.."
Maka, saya langsung tahu apa kado istimewa untuk suami tercinta, secara hobinya terpampang jelas, sejelas matahari terang benderang : )

Maka saat ulang tahun suami pun datang. Biasanya suami suka dirayakan acara ultahnya sama temen-temen kantornya dan temen di group mc-nya. Tapi kali ini berbeda, karena beberapa hari sebelum ultah, kami kehilangan motor. Jadi suasananya masih sedang berduka bermuram durja ajah, seketika suami pun menolak semua tawaran perayaan ultah dari teman-temannya.

Imbasnya, saya yang awalnya mau mengirim kue ultah ke kantor suami, jadi mengurungkan niat.
Tapiiiiii...Atya dan Zifa sudah telanjur diberitahu kalau ayah ulang tahun. Nah bagi putri lucu seperti Atya dan Zifa, dan kayaknya begitu juga anak-anak lainnya, ulang tahun berarti ada kue ultah berlilin. Akhirnya sore sepulang kantor, saya mengambil kue ultah di bakery yang satu gedung dengan kantor saya, dan menenteng bungkusan besar berisi kue dengan riang gembira..

Eh ternyata suami belum pulang saat saya sampai dirumah, jadinya saya dan anak-anak sempat menyiapkan kue dan lilin ultah dulu.
Trus manyun liatin kue sampai suami pulang.
Anak-anak mulai gemes lihat lilin warna warni tapi ngga boleh diapaapain :)

Saya sih nggak terlalu berharap suami akan excited, mengingat suami masih nggak mood aja.
Eh tapi ternyata diluar dugaan, suami seneng banget..
Seneng deh berhasil membuat keceriaannya kembali..


Beberapa hari kemudian...jreng jreng.....
Tibalah saatnya ultah saya, suami sudah bilang kalo pas saya ultah ntar kita makan-makan diluar tapi bersama keluarga tante di Bekasi, sekalian sudah lama nggak main kesana.
Jadi teknisnya kami menjemput mami (tante yang di Bekasi biasa kami panggil: mami) dulu baru ntar jalan keluar, cari spot tempat makan seru entah dimana nantinya.
Eh ternyata...
semua berlangsung diluar rencana.
Mami sudah siapkan makan malam lengkap dirumah, sooo ngga enak banget kalo kami nggak makan di rumah. Trus ngga enak juga abis makan amat kenyang..then ngajak mami makan diluar...
Akhirnya setelah bingung ngga jelas mo kemana, kami jalan aja dong ke mall Summarecon yang baru di Bekasi.
Di salah satu gerai bakery, suami tanya dong:
"mo beli kue ultah ngga?"
"Ih engga usah kali.."
Garing aja rasanya beli kue ultah sendiri.. apalagi dengan kondisi perut teramat kenyang.. :)
Maka malam ultah berlalu aja dengan nongkrong-nongkrong bersama mami.
Hingga embun turun....

Keesokan harinya, saat di perjalanan singkat di mobil, saya mencetuskan ide brilian :)
"Ayah.. gimana kalo untuk kado ultah Bunda, Ayah berikan aja keleluasaan belanja buku di pameran buku Istora ya."
"Hmmm...."
Dan perjalanan kami terhenti, begitupun obrolan singkat itu, nggantung ngga jelas.

Malamnya....suasanya hening, cicak-cicak bercengkrama..
hayah...
"Ayah..jadi gimana nasib tukeran kado kita?"
Pertanyaan hopeless...
sambil bersiap aja mo ngambek ngga jelas :)

"Lah..katanya mau dikasih uang aja untuk belanja buku"

Doooh...... ayah kok gamblang banget sih menggambarkan situasi istri minta uang, maunya sih minta uang tapi yang rada elegan gitu kelihatannya.. :))
*ditampar*

Begitulah..
Keesokan harinya saya dan Atya sibuk hura hura bergembira di pameran buku di istora Senayan, such a wonderful birthday present ever...
Milih-milih buku, beli.. pindah ke tempat lain.. tersenyum riang menemukan buku asyik.. trus pindah lagi.. Demikian kerjaan berjam-jam..
Saya kayaknya nyengir terus deh selama disana :))
eh beneran gitu...
Apalagi sih kado paling keren untuk maniak pembaca buku yang dibolehin belanja belenji buku sepuasnya di tempat semua buku bagus dipamerkan.
Dan dengan demikian kado yang sudah saya siapkan jauh-jauh hari untuk suami jadi terlihat kurang bermakna.

Demikianlah kisah kami..
sungguh tiada efektif sama sekali bermain tukaran kado.

Comments

Popular posts from this blog

life is never flat

17 Agustus bersama Playschooling Tomat

Cerita Ramadan 2024 - Hari Ketiga