Mudik Pertama Tanpa Bunda

Mudik di tahun ini berlangsung dua kali, pertama pas lebaran, kedua pas pernikahan adik ipar. . Masalahnya adalaha saya tidak bisa cuti lama dimudik kedua, sementara suami perlu meluangkan banyak waktu untuk mengurus pesta pernikahan di kampung. Maka solusinya adalah suami mdik duluan kemudian saya menyusul beberapa hari kemudian. Suami akan berangkat bersama Atya, then saya bersama Zifa. Dilema banget nya disisni, saya cemas sangat kalo Atya mudik tanpa saya, gimana Atya tidur malam tanpa saya karena sejauh ini Atya ngga bisa tidur tanpa memegang pipi bunda. Tapi saya juga ngga yakin membawa dua balita di perjalanan mudik sendirian.

Well... AKhirnya Atya mudik bersama Ayah.
Ketebak dong gimana ribetnya saya, menyiapkan Atya mudik, beresin properti Atya, ngaturin Atya gimananya di jalan *untung suami ngga sewot krn emak Atya ini ribet banget* termasuk konsolidasi dengan mama di kampung..hayah..

Saya sengaja ngga liat saat Atya dan Ayah berangkat, alesannya biar Atya ngga keinget Bunda..
padahal..
Saya yang ngga bisa kalo ditinggal Atya..

Beberapa menit kemudian saya sudah gatel mo telpon suami..
*saya udah kan bilang kalo saya emang ribet untuk urusan Atya ini*
Masih bertahan..
Setengah jam...
Satu setengah jam...


"Ayah, gm Atya?"
Suami bales dengan satu foto:



Oh..okay.. Atya seems happy..
Oh well.. Atya memang happy..
Apakah saya udah tenang?
Engga....
"Ayah.. Bunda mau ngomong sama Atya.."
hihihi....

Dua jam berlalu..
"Ayah..gm Atya"
hihihi..
Ini foto balesannya:







Oh..syukurlah Atya mendapatkan perjalanan yang menyenangkan, Ayah menceritakan Atya yang gembira selama di pesawat,mendengarkan musik, makan sampai abis dan ngga protes dengan seat belt.
Apakah kemudian saya berhenti cemas?
Enggaaaaa!!!
Dooooh..saya aja yang begini atau ibu-ibu lain juga..
saya aja ya.. hiks...

"Ayah..Atya sudah tidur belum?'
"Ayah.. Atya ngapain?"
"Ayah...mana Atya?"

Akhirnya dikirimin foto Atya lagi naik bendi keliling-keliling Payakumbuh bersama Ayah..


Atya lagi sibuk memberi makan ikan lele.
Kayaknya lele-lele ini bahagia juga selama ada Atya karena makannya diberikan dengan porsi lebih banyak..



Tiga hari kemudian, saat saya mudik, saya mengerti kenapa Atya ngga sedikipun bilang kangen sama bunda.
Karena di kampung ngga ada bunda yang memiliki aturan segambreng dan sebagai gantinya ada nenek (beberapa nenek) yang memanjakan Atya.
Saat saya bertemu Atya, Atya menyerbu Atya dengan banyak kisah seru... mudik kali ini ngga hanya pembelajaran untuk Atya, tapi ini juga meninggalkan banyak catatan untuk saya.

Comments

Popular posts from this blog

life is never flat

17 Agustus bersama Playschooling Tomat

Cerita Ramadan 2024 - Hari Ketiga