Are You Sleeping... Are You Sleeping..


"Are you sleeping are you sleeping
brother John
brother John
morning bells are ringing 

morning bells are ringing
ding dang dong ding dang dong"



Duluu banget, Uni Firna, mantan supervisor saya yang baik, pernah memberikan saya petuah kilat: kelak jika punya bayi, biasakan bangun pagi.
Waktu itu karena urusan punya bayi masih jauh banget-banget dari pikiran, jadinya ya pesan uni hanya sekadar diingat tapi yan enggak dibahas lebih lanjut :p

Begitu Atya lahir, nasehat lama uni menyelinap di pikiran. Saya rada menyesal juga sih tidak ngobrol lebih lanjut perihal ini. tapi saya setuju bahwa kebiasaan baik perlu ditanamkan sejak awal.
Atya berusia beberapa hari saat saya mulai mengusik Atya dengan towel-towel pipi :)
Kemudian saya ajak main keluar kamar. Awalnya tidak berhasil, Atya lebih suka menempel di bantal dengan mata terpejam kuat-kuat. Digelitikin pun juga tidak mempan. Namun lama-lama jadi terbiasa juga bangun subuh.

Ini sebenarnya rada gak asik loh #eh
Soalnya lebih seru aja kalau bayi tidur pulas sementara saya bisa ngerjain pekerjaan rumah dengan tentram. Pas rumah beres, pas bayi bangun, kayaknya lebih mendukung.. haha
Tapi petuah uni benar sekali.
Saya tentunya ingin agar pola anak terbentuk sejak dini.
Kelak Atya akan menunaikan sholat subuh, saya gak mau ntar bawel pagi-pagi ngebangunin anak gadis untuk sholat subuh.
Saat Atya sekolah, saya juga tidak suka kalau nanti ngomel-ngomel nyuruh Atya bangun dan segera mandi.
Trus kelak Atya akan megurus rumah tangga, apa jadinya jika rumah masih berantakan saat matahari sudah sepenggalah.

Dengan pemikiran itu, jadilah pagi saya selalu rempong. Berbagai kesibukan pagi dijalani dengan satu anak yang menempel erat di punggung, atau memegang kaki erat-erat :)
Atau merengek minta susu.

Waktu berlalu.. Lima tahun kemudian, kerempongan setiap pagi pun terbayar lunas. Anak-anak bisa bangun subuh dengan ceria, kemudian segera mandi dan makan sereal. Saat di matahari belum muncul di ufuk sana, anak-anak sudah siap untuk bermain.
Alhamdulillah..

Saya hanya meringis di suatu hari Minggu jam delapan pagi, saat hujan turun tiada henti dari subuh. Saat itu saya sungguh tergoda untuk leyeh-leyeh nyaman di bantal.
Apalah daya kedua pipi bulet muncul di kamar dan menarik selimut,
"Bunda, hayok kita bikin kreasi kertas, kita tidak baik bermalasan Nda..."

Postingan ini disertakan pada project#ODOPfor99days #day39

Comments

Popular posts from this blog

life is never flat

17 Agustus bersama Playschooling Tomat

Cerita Ramadan 2024 - Hari Ketiga