Stunning Holiday Day#1 - Mukmin yang Kuat

Program Stunning Holiday hari pertama diisi dengan sesuatu yang anak-anak suka banget, apalagi kalau bukaan... MAIN AIR 😍
Setelah kegiatan pagi, kami berangkat ke Taman Bunga Wiladatika Cibubur, kemudian masuk ke kolam renang Tirtateja yang berada di dalam taman bunga. Atya yang sudah lebih lancar berenang kemudian mengajari adek berenang, tentunya tidak lupa main perosotan 😊



Usai berenang dan mandi, anak-anak menjelajahi taman bunga dan mengelilingi air mancur. Untungnya saat ini bunga-bunga sedang bermekaran sehingga anak-anak bisa mengamati bunga dan serangga sekaligus. capek berkeliling, kami duduk di saung yang banyak terdapat di taman bunga. Sambil minum dan makan cemilan, anak-anak bermain playrole dengan serunya.

Materi kajian hadist hari ini adalah tentang Keutamaan Mukmin yang Kuat. 

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu , beliau berkata, Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allâh (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah. Apabila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau berkata, Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begitu, tetapi katakanlah, Ini telah ditakdirkan Allâh, dan Allâh berbuat apa saja yang Dia kehendaki, karena ucapan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan syaitan."

Hadits ini shahîh. Diriwayatkan oleh Muslim (no. 2664); Ahmad (II/366, 370); Ibnu Mâjah (no. 79, 4168); an-Nasâ-i dalam Amalul Yaum wal Lailah (no. 626, 627); at-Thahawi dalam Syarh Musykilil Aatsâr (no. 259, 260, 262); Ibnu Abi Ashim dalam Kitab as-Sunnah (no. 356).

Kajian hadits ini membahas tentang keutamaan mukmin berbadan kuat. Saya lalu melanjutkan diskusi dengan perlunya mengupayakan kesehatan tubuh. Kemudian meminta anak-anak mengemukakan ide tentang apa saja yang bisa kita lakukan agar kesehatan kita terjaga. Diskusi ini seperti ini merupakan kegiatan 'connecting the dots', anak-anak mengumpulkan wawasan selama ini dan merumuskannya ke dalam sebuah topik diskusi. Atya telah banyak membaca buku sunnah dan buku shiroh Rasulullah, juga banyak membaca majalah sehingga pengetahuan umumnya bertambah. Sehingga Atya bisa mengumpulkan berbagai poin dan membawanya ke dalam diskusi yang seru. Saya hanya kebagian menuliskan berbagai poin utama dan keren dari hasil obrolan Atya dan Ifa.
Ifa yang baru saja bisa membaca dan belum banyak referensinya juga tidak bisa diabaikan begitu saja, karena Ifa memiliki kekuatan analisis yang kuat. 


Hampir satu jam kami berbincang mengenai hadits ini, saya takjub melihat anak-anak bisa fokus berdiskusi selama satu jam untuk satu topik yang sama. Alhamdulillah, ini merupakan awal yang baik.  Sesi di bawah saung ini lalu kita tutup dengan menuliskan jurnal. 

Setelah sholat dzuhur, makan siang, makan es krim, minum es campur dan minum jus buah (we study hard, and eat more 😋), dan mengirimkan berkas ke courir service, kami melanjutkan kegiatan dengan mendengarkan shiroh tentang Bunda Asiyah, Bunda khadijah, Bunda Aisyah, dan Bunda Fatimah. Apadaya, tidak lama setelah mendengar shiroh, anak-anak tertidur lelap hingga senja menjelang. Ini hari yang seru namun melelahkan ya Nak..

Comments

Popular posts from this blog

life is never flat

17 Agustus bersama Playschooling Tomat

Cerita Ramadan 2024 - Hari Ketiga