Kebiasaan Sebelum Ramadhan

Dua hari menjelang lebaran ini mau review ah..apa aja kebiasaan saya menjelang lebaran.
Soalnya tiba-tiba kepikiran kenapa kalo sekarang ngga ada kegiatan apa-apa..
Suami di kantornya menggelar acara munggahan, pengajian plus makan-makan di kantor. Saya di kantor ngga ada yang berubah. Ngga ngapa ngapain.
Hiks..

Jadi mari saya ingat-ingat aja yaa kebiasaan yang sudah berlalu.

Di kampung saya, satu hari sebelum puasa dinamakan hari balimau. Balimau ini kalau diartikan secara harfiah adalah keramas, maknanya adalah menyucikan diri sebelum bulan Ramadhan.
Dulu sewaktu kecil, sebagian orang akan pergi ke tempat wisata air (entah itu air terjun atau kolam renang), sebagian hanya keramas di rumah. Setelah itu membaurkan kasai ke kepala.
Nah talking about kasai.. Kasai adalah racikan daun pandan yang diiris halus dan dicampur dengan bunga-bunga. Biasanya dua hari sebelum balimau udah banyak aja yang menjual kasai ini di pasar.

Kesininya, saat saya remaja, udah jarang banget yang benar-benar pergi balimau. Hari balimau sendiri diisi jalan-jalan atau silaturrahim ke keluarga dekat. Di nagari tempat saya tinggal, di hari balimau, setiap rumah menyiapkan makanan dan minuman seperti layaknya lebaran, untuk menyambut sanak saudara yang datang berkunjung.

Balik ke kebiasaan saya sendiri, sehari sebelum balimau saya sudah sibuk masak. Hari balimau-nya diisi jalan ke keluarga dekat. Atau jika udah lelah..berdiam di rumah dan sibuk dengan gadget, bermaafan di dunia maya.

Ini kebiasaanku, bagaimana denganmu?

Comments

Popular posts from this blog

life is never flat

17 Agustus bersama Playschooling Tomat

Cerita Ramadan 2024 - Hari Ketiga