Jelajah Pasar Tradisional

Banyak loh cerita menarik di pasar yang kita kunjungi... Kalo pasar yang saya samperin tiap hari Sabtu untuk belanja sayur mingguan, kayaknya udah masuk ke taraf hafal banget.. Secara tiap minggu diputerin.. meski ujung ujungnya belanja tetep di langganan juga..hihihi..

Pasar tradisional di kampung saya dikategorikan menarik bukan hanya karena saya merindukan makanan di masa kecil, tapi lebih karena saya merindukan interaksi di pasar - nya. Saya kangen dengan ibu/bapak pedagang yang sudah lama saya kenal, trus di pasar juga saya bertemu dengan tetangga tempat saya tinggal sebelumnya. Dimana lagi coba menemukan mereka sekaligus selain di tempat mereka berjualan.

Pasar tradisional di deket rumah ibu mertua, saya sukai banget banget karena ada Sate Danguang-danguang nya.. : )
Maka hampir dapat dipastikan, jika saya mempunyai hari Rabu di periode mudik saya, saya akan ada di warung sate di sana.

Ada lagi satu pasar menarik di Padang Panjang, namanya pasar Pitalah. Ini sebenarnya kampung halamannya seorang teman kuliah.. Yang sering saya datangi karena makanan di pasar ini enak-enak semua. Kayaknya smua makanan yang ada di pasar ini pengen dibeli ajah :) Katupek Pitalah adalah salah satu makanan hits yang selalu dirindukan.

Pasar Johar di Semarang rada mengagetkan saya awalnya.. Beberapa buah-buahan yang ada disana belum pernah saya lihat. Trus awalnya saya hanya melihat dua atau tiga ibu-ibu yang sibuk mengiris sesuatu, saat nelangkah lebih jauh..kok smua ibu-ibu disini pada ngiris semua, dengan ukuran yang persis sama. Setelah diperhatiin, ternyata yang diiris adalah rebung.. Baru inget kalo lagi berada di kota lunpia.. :)

Pernah juga saat di pantura, keinget berhenti aja di sebuah pasar tradisional di Brebes. Saat itu harga bawang di Jakarta lagi menyedihkan, jadi saya dan mama turun dong, cek cek ombak aja kali harganya lebih murah. Suami menepi dan menunggu di mobil. Mulai deh beli-beli... barang yang pertama ditemukan: rambutan, berikutnya kacang tanah trus salak, hadeh.....malah keterusan...yang ada malah belanja sayuran segala.

Akhirnya ketemu dengan bawang yang bagus sekali kondisinya. Yang jual mbah yang sudah rada sepuh..
"Mbah.. Yang ini berapa sekilo"
Mbah yang jualan tersenyum trus menjawab dengan ramah..
Tapi pake bahasa Jawa!
Yang tak satupun saya mengerti,
lirik mama..mama menggeleng pasrah..
Kepikiran untuk minta suami nyusul biar bisa jadi penterjemah..tapi segera batal mengingat anak2 yang tidur di mobil ngga mungkin ditinggal.
Satu langkah lagi..
"Mbah..kalo beli banyak dikurangi ndak"
Mbah menjawab masih amat ramah.. tapi lebih panjang jawabannya..
Saya makin mumet.
Mama makin tak berdaya.
Akhirnya..
"Mbah..saya beli dua kilo berapa harganya?"
Mbah menjawab dengan pelan yang kali ini saya pahami: 50 ribu..
Okeh.. Transaksi bisa berjalan..

Saat mau melangkah pergi, mama memegang jeruk nipis..
"Bu..ini berapa harganya?"
Hayah..
Mbah ini sih tetep ramah banget..
Saya pengsan.

Comments

Popular posts from this blog

life is never flat

17 Agustus bersama Playschooling Tomat

Cerita Ramadan 2024 - Hari Ketiga