Lomba yang Lebih Asik Jika Tanpamu

Semasa SD ada aja ajang lomba sepanjang tahun. Ada lomba cerdas cermat antar sekolah, atau lomba mata pelajaran. Banyak sih, saya agak-agak lupa lombanya apa saja. Biasanya di tiap sekolah, akan ada seleksi siswa dulu. Terus pemenang tiap sekolah berlomba lagi di tiap gugus sekolahan. Kalai menang ntar lomba lagi per kecamatan, terus tingkat kabupaten, terus sampai ke nasional. Nah saya udah langganan untuk maju ke kabupaten, biasanya. Bukan karena lebih pintar kayaknya, tapi karena rajin membaca dan ngafalin banyak hal. Jadi lebih gercep aja kalau cerdas cermat. Sama kalau lomba matpel, saya suka ambil matpel IPA karena saya hafal RPAL.. heuheu.. 
Btw, yang tau RPAL pasti akan terkena jebakan usia.
Hahaha... 

Jadi, ketika udah kelas 4, saya dipastikan bakal mewakili sekolah terus. Kita akan lomba dulu melawan anak-anak yang satu gugus sekolah. Di sinilah situasi tidak nyaman itu terjadi. 

Lomba itu dilaksanakan di bulan Ramadan. Saya lupa entah saya kelas berapa. Tapi itu terjadi persis setelah ada mahasiswa KKN tinggal di desa kami, dan saya belajar berbagai hal dari kakak-kakak kuliahan tersebut, termasuk belajar seni kaligrafi. Saya lalu punya hobi baru. Bergeser dari ngafalin RPAL dan RPUL menjadi tekun memegang pena khusus kaligrafi dan botol tinta. Saya terpesona betapa menariknya guratan yang bisa dihasilkan dari seni kaligrafi itu. Ada banyak ragam gaya tulisannya dan  bisa luas banget pengembangannya. Segera saja saya memenuhi banyak buku gambar dengan coretan-coretan kaligrafi. 

Maka pada lomba antar sekolah di bulan Ramadan itu, saya memilih lomba kaligrafi ketimbang cerdas cermat. Padahal cerdas cermat adalah zona nyaman saya. Saya senang rebut-rebutan mencet bel. Juga suka dengan adrenalin rush kalau balap-balapan menjawab itu. Senang tak terkira jika benar, dan galau kalau telat jawab padahal tahu jawabannya. Hahaha.. 
Tapi engga gitu ternyata yang dialami oleh semua orang. 

Karena pagi itu, sesaat sebelum lomba. Ada anak yang bicara pada ibunya yang juga guru di sekolah itu. Ia mogok engga mau ikutan cerdas cermat. Ibunya membujuk karena ia kandidat terkuat di sekolahnya. Akan tetapi sekuat apapun ibundanya merayu, si anak tetap tak bergeming. Ia keekeuh engga mau ikutan lomba yang emang bikin sebel itu. Sejatinya cerdas cermat emang  membawa kebaperan tersendiri jika salah jawab, hiks.. 
Apalagi kalau score berkurang terus.. hiks.. 

Akhirnya si anak angkat bicara. "Abis ngga seru kalau ikut cerdas cermat, udah tahu juga siapa ntar yang menang. Buat apa ikutan kalau udah tahu bakal kalah."

Saya mendengarnya, tanpa ia tahu.
Dan rasanya nyesss.. malah nelangsa. Yang dirasa malah jauh dari rasa tersanjung. Malah jadi bikin sedih. Sebab ia teman saya sendiri yang bilang lomba bareng saya udah bukan perlombaan yang asik lagi. Tapi aalah daya saya, anak SD yang tidak punya argumen apa-apa selain berlalu begitu saja. 

Bermenit-menit kemudian, lomba kaligrafi dimulai. Saya terlalu sibuk dengan pena dan tinta, serta berlembar-lembar kertas yang saya coret dengan gemas. Setelah dua jam berlalu, saya menyerahkan kertas yang saya anggap karya terbaik saya itu. Semua hasil karya peserta lomba itu langsung dinilai. Sebab akan langsung ditentukan siapa yang lanjut ke level berikutnya. Kaligrafi saya bahkan tidak diperhitungkan bahkan untuk masuk ke juara harapan.. hahaha.. 
Saking beneran amatirnya saya kala itu. 
Tapi saya gembira, karena berhasil mencoba sesuatu yang baru. Rasa kalah mah biasa saja karena saya senang berjam-jam menghadapi kertas dan mencoba guratan terbaik yang saya bisa. Saya kalah tapi tetap semangat, saya terinsipirasi dengan karya peserta lain yang sangat indah. Engga ada apa-apanya dengan yang saya kumpulkan. Wajar emang kalau kalah.. hahaha... 

Sedang teman saya dari SD lain, yang saya ceritakan tadi, menang lomba cerdas cermat dan terus melaju ke tingkat kecamatan.  Ia mau ikut lomba begitu dia tahu kalau saya tidak ikut cerdas cermat. 

Lomba bagi kanak-kanak memang punya segudang rasa. 

Comments

Popular posts from this blog

life is never flat

17 Agustus bersama Playschooling Tomat

Cerita Ramadan 2024 - Hari Ketiga