Ikan Padang

Tadi pagi, saya jalan sama mama dan anak-anak. Jalan pagi sembari berkunjung ke tukang sayur dan bude penjual kue-kue basah. Di tukang sayur kami menjumpai tiga jenis ikan, ikan lele, salmon dan ikan kembung. Setelah menilik dan mempertimbangkan berbagai hal, kami memutuskan beli ikan kembung. 

Pas pulangnya, saya kepikiran tentang ikan ini. Saya dulu hanya kenal dengan satu.jenis ikan saja, yaitu ikan padang. 
"Ikan Padang"  ini adalah satu-satunya ikan laut yang saya kenal sejak lahir sampai selesai masa kuliah.
Hahaha.. 
Kasian yah.. 

Untuk urusan ini saya paling senang menyalahkan kondisi geografis kampung saya dan salahnya penjual ikan..
hah... kok bisa.
Iya dong...
Secara saya tinggal di gunung dimana penjual ikan laut hanya membawa satu jenis ikan saja sepanjang masa. Si ikan tunggal ini, karena berasal dari laut di kota Padang, lantas dikenal dengan nama ikan Padang.. :)
Sungguh jadi misteri sampai sekarang, kenapa bisa penjual ikannya hanya bawa ikan ini aja dari dulu, mungkin layak jadi penelitian. Apakah penjual ikan di kampung saya ini terlalu suka sama ikan yang satu ini. Atau memang perairan di wilayah provinsi kami hanya mempunyai satu jenis ikan saja.
Entah.
Tapi yang jelas khasanah pengetahuan saya terkait ikan laut, mentok di ikan padang saja. 

Well, ada sih di buku-buku mengenai berbagai jenis hewan laut, termasuk berbagai jenis ikan. Tapi kan pada prakteknya tetep aja ikan ini ini juga yang kliatan di pasar. Ikan ini juga yang selalu dimasak. Jadinya hanya satu aja rasa ikan laut yang akrab di lidah.

Itu sebabnya, saat saya sekarang belanja ikan di tempat menetap sekarang, saya takjub dengan banyaknya jenis ikan yang bisa dibeli. Untung aja uni penjual ikan langganan selalu sabar jika saya nanya nama-nama ikan yang baru saya liat. Kalau minggu sekarang beli ikan belanak dan ikan layang, besok ganti beli kakap putih... begitu terus setiap minggu. Kalau sekarang sih saya  udah jago membedakan beragam jenis ikan hahaa abis ngeri juga kalau-kalau disambit uni-nya kalau saya nanya mulu.

Hikmah dari cerita ini adalah kenalilah berbagai jenis ikan dan kenali juga penjual ikannya biar enak kalau mau tanya-tanya. 

Comments

Popular posts from this blog

life is never flat

17 Agustus bersama Playschooling Tomat

Cerita Ramadan 2024 - Hari Ketiga